sp-globalindo.co.id – Apple akan memimpin pasar tablet global pada kuartal ketiga tahun 2024. Hal tersebut terungkap dalam laporan terbaru perusahaan riset International Data Corporation (IDC) mengenai pengiriman tablet global pada Juli-September 2024.
Apple mengirimkan sekitar 12,6 juta unit pada periode yang sama, meningkat 1,4 persen (year-over-year) dari kuartal yang sama tahun lalu.
Menurut IDC, kesuksesan Apple disebabkan oleh musim kembali ke sekolah, yang membantu mendongkrak penjualan model iPhone Air baru.
Baca Juga: Apple Rilis iPad Mini Gen 7 Dengan Chip A17 Pro Setelah 3 Tahun Absen
Sementara itu, penjualan iPad Pro terbilang lesu karena harganya yang dinilai terlalu mahal dan tidak menarik minat pengguna di pasar negara berkembang.
Selain Apple, vendor lain yang mengisi daftar merek tablet papan atas dunia beserta pangsa pasarnya masing-masing adalah sebagai berikut. Tidak ada pangsa pasar produk 1 Apple 31,7 persen 2 Samsung 17,9 persen 3 Amazon 11,6 persen 4 Huawei 8,2 persen 5 Lenovo 7,6 persen
Samsung mengirimkan 7,1 juta tablet pada kuartal ketiga tahun 2024, meningkat 18,3% dari tahun ke tahun.
Menurut IDC, pertumbuhan tersebut didorong oleh beberapa tablet premium yang dirilis pada kuartal terakhir, antara lain Galaxy Tab S10 Ultra dan Galaxy Tab S10 Plus yang mendukung fitur Galaxy AI.
IDC meyakini ketersediaan Galaxy Tab A9 turut mendongkrak penjualan tablet Samsung di beberapa wilayah pada kuartal ini.
Amazon menempati urutan ketiga dalam daftar dengan total 4,6 juta pengiriman pada kuartal ketiga tahun 2024. Pertumbuhannya paling signifikan dibandingkan merek lain, yakni 111,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Baca juga: Tablet Huawei MatePad Pro 12.2 Resmi di Indonesia, Ini Harganya
Perusahaan riset IDC menemukan bahwa kinerja Amazon didorong oleh model tablet Fire HD 8 baru yang disempurnakan dengan AI dan beberapa model lainnya yang kini didiskon selama festival belanja tahunan Prime Day.
Peringkat keempat ditempati oleh Huawei yang meningkat 44,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 3,2 juta unit.
Menurut IDC, kinerja Huawei pada kuartal berjalan dipengaruhi oleh sejumlah tablet baru dari perusahaan, seperti MatePad SE 11 yang menjadi kontributor terbesar karena harganya yang kompetitif.
Di posisi terbawah adalah Lenovo, yang mengapalkan 3 juta tablet, naik 14,7 persen dari tahun ke tahun. Laporan IDC menunjukkan China dan Eropa menjadi kawasan yang paling berperan dalam meningkatkan penjualan tablet Lenovo.
Secara keseluruhan, pada kuartal ketiga tahun 2024, pasar tablet global tumbuh sebesar 20,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan total pengiriman 39,6 juta unit.
Baca Juga: Riset IDC: Pengiriman PC Global Meningkat, Lenovo Puncaki, Apple Tercepat
Pertumbuhan ini disebabkan oleh pembaruan perangkat sebagai persiapan musim liburan, serta fitur AI yang semakin terintegrasi ke dalam tablet.
Untuk periode berikutnya, menurut perkiraan IDC, vendor tablet berpeluang meningkatkan pertumbuhan melalui kemitraan dengan lembaga pendidikan, hiburan, gaming, peningkatan konektivitas dan integrasi antar perangkat, dan lain-lain.
Ingat, IDC menyarankan perusahaan tablet untuk menyertakan fitur berbasis AI.
“Penambahan fitur bertenaga AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna akan memfasilitasi pertumbuhan di semua segmen. Inovasi terbaru dalam AI mulai menarik konsumen yang bersedia membayar lebih,” kata Anuroopa Nataraj, analis riset senior IDC, seperti dilansir KompasTekno mengutip itu. . Situs IDC, Senin (4/11/2024).
“Seiring dengan berkembangnya fitur dan aplikasi AI, semakin banyak konsumen yang akan memprioritaskan kemampuan canggih ini pada pembelian berikutnya,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.