SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Otomotif

NEWS INDONESIA Lihat Langsung Produksi Sepeda Motor Listrik Polytron

SEMARANG, sp-globalindo.co.id – Polytron mulai meluncurkan Fox R mulai tahun 2022. Sepeda motor listrik bergaya skuter maxi ini juga diproduksi sendiri oleh Polytron di pabriknya di kawasan Kudus, Jawa Tengah.

sp-globalindo.co.id berkesempatan mempelajari proses perakitan Fox R dan Fox S langsung di pabriknya. Polytron sebenarnya punya tiga pabrik, di Krapyak, Sayung, dan Sidorekso.

Untuk perakitan motor listrik berlokasi di Sayung. Sedangkan baterainya dirakit di pabrik Sidorekso. Pabrik Krapyak sebenarnya merupakan pusat penelitian dan pengembangan motor listrik Polytron sehingga terpisah.

Baca juga: Polytron Terus Tingkatkan Motor Listrik Fox R, Banyak Pembaruan

Hari pertama sp-globalindo.co.id tiba di Semarang langsung menuju pabrik Polytron di Saung. Pabrik yang menempati lahan seluas 44 hektare ini bertanggung jawab atas perakitan furnitur lainnya, mulai dari televisi, lemari es, hingga mesin cuci. Proses perakitan Fox R di pabrik Saung Polytron

Lokasi pemasangan motor listrik terpisah dari perabotan lainnya. Saat kami masuk ruangan ada dua lini produksi yang tersedia, kebetulan saat kami berkunjung mereka sedang merakit Fox R.

Semuanya dimulai dari bingkai dengan tempat baterai di bagian bawah. Aki yang dikirimkan Siderekso juga disiapkan untuk dipasang di sepeda motor.

Baca juga: Benarkah Warga Jakarta Lebih Rajin Ikuti Workshop? Berikut penjelasannya.

Struktur ditempatkan terbalik pada ban berjalan. Bagian pertama yang dipasang adalah swingarm. Kemudian dipasang juga roda belakang yang juga motor listrik, sekaligus peredam kejut.

Setelah memasang bagian belakang, balikkan dan pindahkan ke ban berjalan kedua. Pada bagian ini dipasang komponen depan seperti shock breker depan, setang, fender, dan roda depan.

Sepeda motor yang belum terlihat bodinya itu dalam keadaan hidup, dengan terpasang baterai seberat 35 kg. Baterai dipasang di tempat yang aman dan peredam getaran dipasang di beberapa sisi untuk mencegah kerusakan.

Begitu pula dengan pengontrol yang dipasang di bagian belakang dan inverter listrik di bagian depan. Saat ini bodyworknya belum dipasang sehingga hanya terlihat rangkanya saja.

Tepat di pinggir jalur, beberapa komponen disiapkan untuk dipasang. Misalnya dulu ada penutup bagian dalam seperti yang ada di bagasi dan platform, sehingga baterainya tertutup rapat dan tidak bisa diakses lagi.

Kemudian, dengan cepat, sepeda kembali ke stasiun berikutnya untuk memasang bodywork belakang dan lampu. Lanjut ke depan lagi, Anda siap memasang bodywork bagian depan.

Setelah semuanya terpasang, sepeda dibawa ke dinamometer untuk diuji. Performanya diperiksa, begitu pula rem depan dan belakang, klakson, serta ketebalan ban dan setang.

Setelah itu, sepeda motor tersebut diuji di jalan melewati gundukan kecepatan kecil. Sepeda motor kemudian terisi penuh dan baterainya habis atau habis. Ia mengatakan sistem manajemen baterai dapat dipelajari dan disimpan dengan aman di gudang.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *