JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Yamaha sepertinya sedang menyiapkan sepeda motor dengan kopling otomatis untuk menyaingi sistem e-clutch Honda pada CB650R dan CBR650R. Model yang akan dipasang nantinya adalah MT-07 dan YZF-R7.
Bersumber dari Cycleworld, sistem kopling otomatis Yamaha menggunakan tombol untuk mengganti gigi dan melepaskan tuas kopling. Berbeda dengan Honda, foot clutch dan shifting masih digunakan.
Sebenarnya teknologi seperti ini sudah dipasang pada Yamaha FJR1300 pada tahun 2006. Sistem yang dipasang pada sepeda motor grand touring ini dinamakan YCC-S atau Yamaha Chip Controlled Shifting.
Baca Juga: Fitur Baru dan Review Teknis Yamaha Lexi LX 155
Bedanya, kini teknologi ini dipasang pada sepeda motor yang lebih kecil yakni MT-07 dan YZF-R7. Kemungkinan lainnya, teknologi ini akan tersedia pada sepeda motor bermesin sama dari Yamaha seperti XSR700 dan Tenere 700.
Sistem tersebut kurang lebih dilengkapi dengan dua aktuator yang dipasang di atas transmisi. Satu di kiri mengontrol perpindahan gigi dan kanan mengontrol kopling.
Unit ini merespons tombol di roda kemudi, gigi atas dan bawah. Begitu pula saat sepeda motor berhenti, sistem akan mencegah motor mogok, bahkan lebih praktis mengingat tidak ada kopling.
Baca Juga: Sepeda Motor Tanpa Kunci Jangan lupa tekan tombol ini pada kuncinya
Panel kendali sistem kendali berada di sisi kiri dan kanan mesin, di dekat tangki dipasang saluran udara untuk mendinginkannya. Pada gambar paten terlihat sepeda motor yang digunakan adalah MT-07 dan YZF-R7.
Jadi mari kita tunggu dan lihat bagaimana kinerja sistem kopling otomatis Yamaha. Teknologi tersebut juga disebut mampu mengotomatisasi sepeda motor dan perpindahan gigi secara otomatis. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.