SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Tekno

SP NEWS GLOBAL Telkomsel Hyper AI Andalkan Otomatisasi, Nasib Karyawan Dipastikan Aman

Jakarta, sp-globalindo.co.id – Telkomsel memiliki teknologi kecerdasan buatan (AI) bernama Hyper AI. Salah satu tujuan Hyper AI adalah mengotomatisasi jaringan dan layanan pelanggan, sehingga menjadikan bisnis lebih efisien. 

Misalnya, proses diagnosis dan penanganan masalah jaringan kini bisa dilakukan sepenuhnya oleh AI. AI untuk layanan pelanggan kemudian dapat menjawab berbagai keluhan pelanggan Telkomsel melalui chatbot Veronika.

Oke Karena otomatisasi adalah caranya; Berbagai tugas jaringan dan layanan pelanggan yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh pekerja kini akan ditangani oleh sistem dan AI.

Baca juga: Telkomsel Umumkan Hyper AI dan Implementasi AI di Semua Sektor Bisnis

Lantas apakah Hyper AI dapat berdampak pada sumber daya manusia (SDM) dan mengancam pekerjaan banyak karyawan Telkomsel di masa depan, terutama yang menangani jaringan dan layanan pelanggan? 

Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna meyakinkan Hyper AI tidak akan mengancam pekerjaan karyawannya. 

“Menurut saya, Hyper AI hanya akan mengurangi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual, dan tidak menggantikan pekerjaan yang menanganinya,” kata Indra saat peluncuran Hyper AI di Jakarta Selatan, Kamis (26/9). ) /2024). 

Para pekerja tersebut nantinya bisa beradaptasi dengan AI, tambah Indra. Telkomsel juga akan memberikan pelatihan bagi staf agar keterampilannya tetap relevan.

“Salah satu hal yang selalu kami lakukan terhadap karyawan kami adalah melatih mereka untuk menyesuaikan keterampilan dan meningkatkan keterampilan mereka dalam bekerja dengan kursus-kursus terbaru,” jelas Indra.

Baca Juga: 6 Cara Cek Nomor HP Telkomsel Sendiri Jika Lupa

Indra mengatakan kemampuan AI ini penting bagi seorang pekerja. Karena Telkomsel membutuhkan sumber daya manusia atau talent yang benar-benar memahami otomatisasi AI, khususnya di bidang jaringan dan layanan pelanggan. 

“Sambil terus mengembangkan sumber daya manusia dan kemampuan, pengembangan AI penting untuk didorong agar otomasi Hyper AI atau AI dalam operasional Telkomsel dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Indra. Dengarkan berita pilihan kami dan kabar baik langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *