sp-globalindo.co.id – Microsoft pekan ini mengumumkan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) baru berdasarkan layanan chatbot Copilot. Salah satunya adalah halaman kopilot.
Seperti namanya, Copilot Pages memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan kerabatnya dalam tugas yang sama. Fitur ini mirip dengan situs kolaborasi populer seperti Freeform atau Notion.
Halaman Copilot dapat diakses di https://copilot.cloud.microsoft/. Pengguna dapat masuk/keluar menggunakan akun Microsoft 365 mereka.
Baca selengkapnya: Chatbot Microsoft Copilot akan hadir di Telegram, berikut cara mencobanya
Setelah login, pengguna dapat berbagi tugas Copilot dengan kerabat, dan halaman Copilot nantinya akan dibuat untuk memudahkan kolaborasi.
Nantinya, Copilot Pages akan membagi tampilan layanan menjadi dua bagian (split screen), dengan halaman kerja pengguna di sebelah kanan dan jendela chat serta kotak peringatan Copilot di sebelah kiri.
Pengguna dapat memasukkan informasi mereka dan mencari di Copilot di jendela kiri, lalu menyalin informasi yang diperlukan ke jendela kanan. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menambahkan kerabat ke halaman co-pilot.
Menariknya, selain mencari informasi dari Internet, Copilot Pages juga dapat mencari dan mengambil informasi dari dokumen Microsoft Office milik pengguna, mencari informasi dari rapat yang telah diadakan, bahkan mengaudit informasi yang ada.
Dengan cara ini, data dan informasi yang dibutuhkan akan lebih lengkap dan akurat, serta pekerjaan pengguna akan lebih cepat selesai melalui Copilot Pages. Peningkatan integrasi Copilot di Microsoft Office
Selain Copilot Pages, Microsoft juga mengumumkan peningkatan integrasi layanan Copilot di beberapa aplikasi Microsoft Office, mulai dari Excel, PowerPoint, hingga Outlook.
Saat ini Copilot di Microsoft Excel mendukung bahasa pemrograman Python. Artinya, data dan analisis yang dilakukan pengguna melalui petunjuk yang muncul di sisi kanan tugas Excel akan lebih detail dan tajam.
Kemudian di PowerPoint, Copilot kini bisa digunakan untuk membuat slide presentasi otomatis yang detail namun tetap indah.
Pengguna cukup memasukkan pengingat yang diperlukan di sebelah kanan tugas dan Copilot akan membuat slide presentasi yang diperlukan, termasuk desain dan gambar serta semua informasi yang diperlukan untuk presentasi.
Untuk Microsoft Teams, pengguna dapat memantau rekaman yang dibuat oleh Copilot dan memahami semua yang terjadi dalam rapat.
Sedangkan di Microsoft Outlook, pengguna dapat secara otomatis mengurutkan kotak masuknya sesuai topik yang diinginkan.