SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Lifestyle

Pengguna di Indonesia Bisa Ngobrol dengan Teknisi WhatsApp

sp-globalindo.co.id – Platform pesan instan WhatsApp (WA) memperkenalkan fitur baru yang menghubungkan pengguna langsung dengan timnya. Fitur ini khusus ditujukan bagi pengguna yang membutuhkan dukungan teknis dari WhatsApp.

Fitur tersebut pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo, situs yang kerap membagikan bocoran fitur baru WhatsApp.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, fitur tersebut muncul di menu Bantuan aplikasi WhatsApp. WhatsApp menamai fitur ini “Chat dengan kami” seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Mirip Pencarian Gambar Terbalik untuk Cegah Pemalsuan

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi dukungan WhatsApp. Jika Anda mengalami kendala misalnya tidak bisa mengirim foto atau video.

Menurut WABetaInfo, pengguna dapat mengklik opsi untuk mengobrol dengan tim WhatsApp dan menerima respons otomatis atau respons yang dihasilkan oleh chatbot.

Namun jika diperlukan, pengguna juga bisa meminta untuk berbicara langsung dengan perwakilan WhatsApp. 

Pantauan KompasTekno, fitur tersebut sudah terlihat oleh pengguna Indonesia, khususnya WhatsApp Web versi 2.3000.1019112128 dan WhatsApp Android versi 2.24.25.77.

Baca selengkapnya: 2 Cara Mudah dan Praktis Blokir Chat WhatsApp dari Nomor Tak Dikenal

Namun namanya sedikit berbeda dengan foto di atas. Di Indonesia, fitur ini muncul dengan nama “Hubungi Kami”. 

Meski berbeda, namun fungsinya sama. Ini berarti menghubungkan pengguna dengan tim dukungan WhatsApp.

Untuk mengakses WhatsApp di web, pengguna dapat membuka Pengaturan > Hubungi Kami. Sedangkan di WhatsApp Android, masuk ke menu Pengaturan (Pengaturan) > Bantuan > Pusat Bantuan > Hubungi Kami > Tulis pesan/masalah yang ingin Anda kirim > Kirim. 

Ketika Anda mengklik fitur tersebut, maka akan muncul tampilan kolom teks yang menjelaskan masalah yang ingin Anda diskusikan dengan tim WhatsApp. Kami akan memberikan penjelasan dalam bahasa Indonesia.

Pada pameran yang sama terdapat informasi yang menunjukkan bahwa tanggapan tim WA dapat diproses oleh AI yang dikembangkan oleh perusahaan induk WhatsApp, Meta. Dengan tampilan tersebut, WA menegaskan bahwa chat dan panggilan telepon pengguna dengan timnya dilindungi dengan enkripsi end-to-end.

Setelah memasukkan detail masalah pada kolom teks yang tersedia, pengguna akan otomatis terhubung ke nomor kontak dukungan WhatsApp Anda. Nama kontak akan disertai tanda centang biru yang menandakan bahwa akunnya telah terverifikasi secara resmi.

Pengguna kemudian akan menerima respons otomatis yang merangkum tiket pengaduan, obrolan yang merinci masalahnya, dan banyak lagi.

Tim WhatsApp akan segera memberi Anda jawaban. Jawabannya masih dihasilkan oleh AI. Jika ada yang kurang jelas, pengguna juga bisa menanyakan pertanyaan lanjutan tanpa harus mengulangi proses dari awal.

Berdasarkan pengalaman tim KompasTekno, tanggapan tim WA muncul beberapa saat kemudian. Artinya, hal itu tidak terjadi dalam waktu dekat. Hal ini menandakan bahwa AI sedang menganalisis pertanyaan tersebut untuk menemukan jawaban yang tepat.

WhatsApp juga menyertakan pertanyaan untuk setiap jawaban yang diberikan untuk mengetahui apakah jawaban tersebut menjawab pertanyaan pengguna atau tidak. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memberikan informasi tambahan untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan.

Fitur ini akan memudahkan pengguna mendapatkan bantuan di WhatsApp. Sebelumnya, untuk mendapatkan wawasan tentang masalah yang dialami pengguna, mereka harus menelusuri Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ), yang juga dikenal sebagai FAQ di WhatsApp.  Dengarkan berita dan pilihan terkini langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *