KLATEN, sp-globalindo.co.id – Mobil memiliki transmisi untuk menentukan kebutuhan akselerasi roda. Ini digunakan tidak hanya dalam akselerasi, tetapi juga dalam deselerasi.
Baik mobil matic maupun manual, pengemudi diberikan kendali untuk menggunakan gigi lebih rendah bila diperlukan.
Hardi Vibovo, pemilik bengkel mobil Aha Motor Yogyakarta, mengatakan gigi akselerasi rendah pada mobil memiliki dua fungsi, yakni untuk mencapai torsi maksimal dan sebagai rem mesin.
Baca juga: Ini Cara Jitu Menabrak Mobil matic
Khusus di jalan menurun, pengemudi bisa menggunakan throttle rendah untuk memperlambat mobil agar tidak berbelok, kata Hardy kepada sp-globalindo.co.id, Selasa (12/11/2024).
Hardy mengatakan, metode tersebut juga bisa memprediksi rem blong akibat penggunaan terus-menerus.
“Kalau terlalu sering digunakan, komponen rem cepat panas, ada risiko minyak rem menguap yang bisa menyebabkan rem tidak berfungsi, sehingga penggunaan gigi akselerasi yang lebih rendah membantu memperlambat,” kata Hardy.
Baca juga: Cara Mengerem Tangan yang Benar pada Mobil Turunan
Menurut Hardy, dengan mekanisme akselerasi rendah, mobil bisa melaju pelan meski tanpa menginjak pedal rem karena roda menghambat laju mesin.
Soal deselerasi, engine brake lebih aman karena tidak mengunci roda saat jalan licin, kata Hardy.
Hardy mengatakan, pengereman dengan rem primer lebih rentan membuat roda berputar, apalagi jika mobil belum dilengkapi sistem pengereman anti-lock (ABS).
Baca Juga: Ini Posisi Tuas Persneling Mobil, Bisa Rem Mesin Saat Turun.
Oleh karena itu, peran akselerasi gigi rendah pada transmisi tentu sangat dibutuhkan pengendara di jalan menurun. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.