SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Nasional

Berikan Penghargaan Pelayanan Publik, Menpan-RB Sebut Tren IPP Naik dan Layanan Harus Berdampak

sp-globalindo.co.id – Menteri Penguatan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullai Azur Anas dianugerahi Penghargaan Pelayanan Publik atas penilaian kinerja pelayanan publik di lingkungan kementerian/lembaga.

Selain itu, juga bertujuan untuk memantau perkembangan pelayanan publik yang relevan bagi kelompok rentan di tingkat kementerian/lembaga, serta keberlanjutan dan replikasi inovasi pelayanan publik.

Berdasarkan berbagai capaian tersebut, Anas berharap pelayanan dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat. 

“Tren pertumbuhan Indeks Pelayanan Publik Nasional (IPP) relatif meningkat. Kita berharap ke depan harapan masyarakat dan tujuan yang dicanangkan Presiden bisa tercapai. Diawali dengan efisiensi anggaran,” ujarnya. Festival Buruh di Jakarta, Selasa (10/8/2024) “dll.”

Baca juga: BPJS Kesehatan Kemenpan-RB meraih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Anas mengucapkan selamat kepada beberapa peraih penghargaan, antara lain 10 pemenang kategori Pengembangan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan, 21 pemenang kategori Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Publik, dan 75 pemenang kategori Monitoring dan Evaluasi Keberlanjutan. . Ulangi inovasi pada kategori Penghargaan Pelayanan Publik.

Terima kasih banyak kepada para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah yang telah menunjukkan komitmen nyata dan konsistensi dalam mencapai pelayanan publik, ujarnya.

Salah satu upaya Kemenpan-RB untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP).

Berdasarkan hasil asesmen tersebut, disusun rencana independen tahun 2024 di lingkungan kementerian dan lembaga yang menunjukkan tren positif. Skor tahun lalu adalah 4,07 (kategori Sangat Baik) hingga 4,39 (kategori Sangat Baik).

Baca juga: MA menyebut Kemenpan-RB PP 94/2012 hanya mengakomodir 4 dari 8 poin yang diajukan

Dasar pelaksanaan PEKPPP adalah Permenpan-RB No. 2023 tentang Perubahan Peraturan Menteri PENRB Tahun 2023 dan Petunjuk Mekanisme dan Perangkat PE23PPP Menteri PENRB Tahun 2023.

Penilaian PEKPPP mencakup enam aspek: kebijakan ketenagakerjaan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, konsultasi dan pengaduan, sistem informasi pelayanan publik, inovasi pelayanan publik.

Sekadar informasi, penilaian akan dilakukan pada tahun 2024 di 634 badan publik yang terdiri dari pemerintah pusat dan daerah.

Dari jumlah tersebut, ada 21 Kementerian/Lembaga yang mendapat penghargaan atas pelayanan publik pada kesempatan ini.

Untuk menjamin terselenggaranya pelayanan publik yang adil dan merata, Kemenpan-RB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik terpadu bagi masyarakat rentan.

Baca juga: MA Sebut Kemenpan-RB PP 94/2012 Hanya Mengakomodir 4 dari 8 Poin Usulan Revisi

Pada tahun 2024, 250 proyek yang diusulkan akan dievaluasi di 87 badan negara. Melalui proses penjurian, teridentifikasi 10 pemenang Penghargaan Pengembangan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan.

Anas berpesan kepada para PNS agar menjalankan tugas mengabdi kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *