Bantu Pertumbuhan Ekonomi, Pertamina SMEXPO 2024 Cetak Transaksi hingga Rp 17,45 Miliar
sp-globalindo.co.id – Pameran Usaha Kecil dan Menengah Pertamina (SMEXPO) 2024, pameran perdagangan ritel nasional, berhasil mencatatkan transaksi senilai hingga Rp 17,45 miliar.
Operasi niaga Pertamina dengan UKM tumbuh sebesar 17,09 persen dengan omzet sebesar $14,9 miliar pada tahun 2023.
Peningkatan transaksi ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi karena memperkuat kapasitas UKM.
Fajar Joko Santos, Vice President Corporate Communications Pertamina, mengumumkan jumlah transaksi pada Pameran Bisnis Kecil dan Menengah (Retail) yang diselenggarakan pada 22-27 Oktober 2024 di Mall Kota Casablanca sebesar 1,53 miliar rupiah. .
Baca juga: Inovasi Pertamina EP Rantau Atasi Masalah Pasir dan Dukung Produksi Minyak.
Sedangkan sisanya sebesar Rp15,91 miliar berasal dari perdagangan business-to-business (business-to-business atau B2B), yakni perjanjian kerja sama bisnis yang biasanya untuk pembelian dalam jumlah besar.
“Peningkatan nilai transaksi UKM menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk UKM Pertamina,” kata Fajar pada sesi penutupan Pertamina SMEXPO, Minggu (27/10/2024).
Pertamina SMEXPO 2024 yang mengusung motto ‘Be a Local Voice’ menampilkan 45 UKM binaan Pertamina dengan beragam produk antara lain fesyen, makanan dan minuman, kerajinan tangan, serta produk teknologi inovatif.
Selain acara jual beli, pameran ini diperkaya dengan rangkaian workshop kreatif dan talkshow motivasi, yang berkontribusi dalam membangun potensi peserta UKM.
Baca juga: Pertamina Hulu Energi Gelar Forum Promosikan Inovasi
Fajar mengatakan, keberhasilan SMEXPO 2024 tidak hanya diukur dari nilai transaksinya, tetapi juga terciptanya ekosistem bisnis yang mendukung pertumbuhan UKM.
“Selama SMEXPO, kami menyelenggarakan seminar dan talkshow untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman UKM Pertamina sehingga dapat meningkatkan kualitas produk dan keterampilannya agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas,” jelas Fajar.
SMEXPO 2024 menarik lebih dari 9.000 pengunjung dalam enam hari penyelenggaraannya. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap produk UKM lokal.
Wisatawan yang datang tidak hanya berasal dari masyarakat. Ada pula calon pembeli dari luar negeri maupun dari dalam negeri sehingga membuka peluang kerja sama dengan UKM Pertamina.
Baca juga: Penampilan Liodra Menutup Pameran Ritel Nasional Pertamina SMEXPO 2024
Acara yang kini memasuki tahun kelima ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang berjalan mulai tahun 2020.
SMEXPO tidak hanya berperan sebagai platform pemasaran tetapi juga mendorong pengembangan usaha kecil dan menengah melalui berbagai program pendampingan dan peningkatan kapasitas.
Kesuksesan SMEXPO 2024 merupakan wujud nyata peran Pertamina dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional melalui pemberdayaan UKM.
Peristiwa ini tidak hanya berdampak langsung pada peningkatan pendapatan para pelaku UKM, namun juga membuka peluang untuk mengembangkan usahanya melalui jaringan kemitraan.
Baca Juga: 13 Iklan Hari Komitmen Pemuda 28 Oktober 2024 oleh TMII dan Pertamina.
“Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UKM nasional. Kesuksesan SMEXPO 2024 menjadi motivasi untuk melaksanakan program pemberdayaan yang lebih inovatif ke depannya,” tutup Fajar. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.