MENGAMBIL
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mewawancarai cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar, di mana tim pemenangannya kerap menyinggung keunggulan baterai LFP.
Baca juga: Alasan menderek kendaraan berat tidak selalu karena masalah mesin
Baterai LFP dikenal bebas nikel. Sedangkan Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Oleh karena itu, jika kita terus mendukung LFP, hal ini akan sangat mempengaruhi daya saing Indonesia di kancah dunia.
Sekadar informasi, saat ini terdapat berbagai jenis baterai untuk mobil listrik, mulai dari yang biasa yaitu lithium ion, kemudian lithium ferrophosphate atau LFP, dan lead acid atau SLA yang menggunakan cairan elektrolit berbasis asam.
Nah di antara ketiga jenis aki tersebut, aki manakah yang cocok untuk sepeda motor listrik?
Hedro Sutono, juru bicara Asosiasi Sepeda Motor Listrik mengatakan: “Kami sebenarnya belum bisa mengatakan mana yang (paling cocok) penggunaannya, umumnya tergantung dari sifat mobil itu sendiri karena berkaitan dengan kepadatan masing-masing.” (Kosmik), di sp-globalindo.co.id, Senin (22/1/2024).
Baca Juga: Produsen Bahan Bakar Mengatakan Knalpotnya Dingin
Meski kata Hendro, harus diakui dari ketiganya kepadatan energi baterai SLA paling rendah, nomor dua atau menengah dari baterai LFP, dan yang tertinggi adalah baterai lithium ion yang menggunakan katoda berupa nikel. , kobalt, mangan atau NCM.
“Kepadatan energi adalah hubungan antara energi dan volume. Sesederhana itu, kapasitas kubiknya sama, misalnya dalam botol ada 1 liter air, sekarang energinya lebih banyak, seperti RON pada bensin”. katanya.
Dari kesimpulan tersebut, kata Hendro, jika bicara kapasitas, baterai lithium-ion saat ini cocok untuk sepeda motor listrik.
Katanya: “Karena untuk sepeda motor yang ruang baterainya sedikit lebih baik menggunakan lithium-ion karena ruang yang kecil pun bisa menyerap banyak energi, yang kita kenal dalam satuan baterai adalah ampere-jam (Ah).”
Baca juga: Warga Minta PO Bus Cerdas Gunakan Klakson Basuri
Baterai lithium-ion (NCM) untuk sepeda motor listrik mudah diberi peringkat, disusul LFP di posisi kedua, sedangkan SLA cocok untuk sepeda motor listrik mahal.
Dia berkata: “Baterai SLA memiliki konsumsi daya yang rendah, baterai SLA berukuran besar dan berat, tetapi konsumsi dayanya rendah.” Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.