JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Ramai perbincangan di media sosial soal perlunya mematikan skutik dengan membicarakan sikap klub. Sebenarnya cara ini bisa saja dilakukan, namun tidak terlalu terjamin.
Fungsi dasar di bagian bawah sebenarnya bisa mematikan perangkat demi keamanan. Jadi kalau buka standar, sepeda motor tidak bisa hidup, mencegah kasus mesin hidup tapi standar tidak dilipat.
Itu hanya kebiasaan menghentikan mesin dengan menjatuhkan kelompok pendukung. Jadi keadaan kontak masih “On”, timbangan hidup, namun motor mati.
Baca juga: Jangan gunakan untuk menghentikan perangkat otomatis menggunakan side stand
Nurul Fajar dari Yamaha Ferry Education Service mengatakan, mematikan mesin dengan cara ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan baterai habis.
“Tetap harus menggunakan tombol pengapian karena khawatir jika lupa menyalakan kunci kontak akan menguras baterai,” kata Ferry kepada sp-globalindo.co.id, Senin (10/7/2024).
Baca juga: Video Pengendara Sepeda Motor Diduga Tertidur dan Menabrak Truk
Soal kerusakan, Ferry menyebut tidak berpengaruh pada mesin. ECU hanya mendeteksi lampu check engine yang menyala.
“Tapi itu bukan DTC (lampu check engine). Mati, baru nyala kalau kita pelan-pelan,” kata Ferry. Dengarkan berita terbaru dan feed berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.