KLATEN, sp-globalindo.co.id – Toyota Avanza generasi kedua yang dirilis akhir tahun 2011 ini sudah menggunakan electronic power steering (EPS) berjenis rack and pinion steering. Mobil tidak lagi mengandalkan cairan dan memiliki motor khusus untuk meringankan putaran kemudi.
Selama penggunaan, unit rak kemudi mengalami penurunan performa yang diwujudkan dengan suara bising yang tidak sedap saat kendaraan melintas di jalan yang buruk.
Muchlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan adanya ketukan pada area bawah kemudi menandakan part tersebut sudah aus akibat pemakaian.
Baca Juga: Berkendara berulang kali di jalan tidak rata membuat rak kemudi mobil cepat aus
Hal ini sering disebabkan oleh keausan pada rock gardan yang bersentuhan dengan pinion sehingga mengubah gaya putaran menjadi downforce ke kanan dan kiri pada roda depan mobil, kata Machlis, Sabtu (21/9/2024). ).
Menyatukan poros rak dan pinion berulang kali saat memutar roda kemudi menyebabkan keausan, sehingga jaraknya bertambah seiring waktu, kata Machlis.
“Saat mobil dikendarai di jalan rusak, celah ini menyebabkan terjadinya knocking. Dari permukaan jalan yang tidak rata, roda meneruskan getaran ke steering rack. Kalau tidak serius, solusinya bisa disesuaikan,” kata Machlis.
Baca Juga: Berapa Umur Ideal Seorang Pengangkut Mobil?
Selain bagian aus pada sumbu sisir, terdapat juga bagian bushing yang menahan sumbu sisir dan berfungsi sebagai peredam kejut, kata Machlis.
“Bahan bushing ini empuk, bisa kombinasi karet dan plastik atau PVC, kalau dipakai bushingnya kempes sehingga tidak bisa menahan poros secara penuh sehingga menyebabkan patah,” kata Machlis.
Bushing rak kemudi yang rusak bisa diganti dengan suku cadang aftermarket, kata Machlis. Cara ini dapat menjadi alternatif pengganti penggantian satu set rakitan rack and pinion.
Baca Juga: Memutar setir dalam keadaan mobil diam menyebabkan rak kemudi rusak seketika?
“Dalam kondisi tertentu, dengan pertimbangan berbeda, perbaikan suara pada steering rack harus dilakukan seluruhnya dengan mengganti poros, dengan pilihan menggunakan suku cadang asli atau suku cadang aftermarket,” kata Machlis.
Di bawah ini daftar perkiraan biaya perbaikan steering rack Avanza tipe EPS dari berbagai bengkel spesialis, termasuk suku cadang dan servisnya: Penyetelan rak kemudi, Rp 120.000 – Rp 200.000 Ganti bushing kemudi rak, Rp 500.000. Rp 600.000 Ganti rakitan rack steering, Rp 1.500.000 Ganti rakitan rack steering Toyota. Rp 3.800.000 – Rp 4.000.000 Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.