JAKARTA, sp-globalindo.co.id – BYD Atto 3 merupakan produk global dan juga dijual di Eropa. Beberapa waktu lalu, Euro New Car Assessment Program (NCAP) mengungkapkan sistem bantuan pengemudi pada mobil listrik belum memenuhi standar EURO NCAP.
Melansir Drive.com.au, Rabu (30/10/2024), Atto 3 2024 mendapat skor Euro NCAP terendah setelah menguji ulang sistem bantuan pengemudinya yang dikenal dengan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Otoritas uji tabrak tidak merekomendasikan fitur ini.
Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan BYD Atto dari 3 hingga 5 Tahun
Namun, penting untuk dicatat bahwa tes baru ini tidak mempengaruhi skor bintang lima yang diberikan kepada Atto 3 saat pertama kali diuji pada tahun 2022. Itu dicapai selama dua tahun pengujian.
Dalam pengujian terbaru, Euro NCAP menguji ulang lima model yang telah diuji sebelumnya dengan protokol yang diperbarui, khususnya mengevaluasi sistem mengemudi dengan bantuan jalan raya. Selain Atto 3, empat model lainnya adalah BMW i5, Mercedes-Benz C-Class, Volkswagen ID.7, dan Volvo EC40 atau C40 Recharge.
Setelah pengujian, Sistem Kontrol Pelayaran Adaptif Cerdas Atto 3 menerima skor Euro NCAP terendah untuk kinerja teknologi bantuan pengemudi mobil. Hal ini dilaporkan terjadi untuk pertama kalinya.
Baca Juga: BYD Atto 3 Rincian Pajak Tahunan Di Bawah Rp 500.000
Menurut otoritas keselamatan, cruise control adaptif Eto 3 tidak mendeteksi pengereman jika ada rintangan di jalan dan pengemudi tidak punya waktu untuk mengambil kendali.
“Dalam skenario kritis ini, sistem secara efektif mematikan dukungan kemudi setelah tidak aktif dalam waktu lama sambil mempertahankan kontrol kecepatan, sehingga pengemudi yang tidak bertanggung jawab harus mengurus dirinya sendiri,” kata Euro NCAP.
Euro NCAP juga mengklaim bahwa mobil akan memperingatkan Anda jika radar atau kamera diblokir, tetapi akan tetap mengaktifkan kontrol jelajah.
“Namun, kurangnya tindakan di bidang keselamatan dan, khususnya, dalam kasus pengemudi yang tidak bertanggung jawab berkontribusi terhadap buruknya kinerja mobil.” “Secara keseluruhan, sistem ini tidak direkomendasikan untuk bantuan pinggir jalan. tulis pernyataan Euro NCAP.
Hasilnya, Atto 3 mendapat poin nol dari 25 dalam tes intervensi pengemudi yang tidak responsif. Mobil listrik juga mendapat nilai ‘lemah’ dan ‘cukup’ pada kategori kegagalan sistem dan pencegahan tabrakan.
Selain itu, sistem BYD juga mengalami kesulitan dalam pengujian Euro NCAP untuk pengenalan rambu lalu lintas, dengan skor 55% untuk Bantuan Kendaraan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.