SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Property

Intip Progress Pekerjaan Stasiun MRT Monas dan Thamrin

 

JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Program pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 201 (Stasiun Monas dan Thamrin) terus dikebut.

Hingga 25 Oktober 2023, MRT mengumumkan progres pembangunan kedua stasiun tersebut mencapai 64,31 persen.

Seperti yang diumumkan di situs resmi MRT Jakarta, Sabtu (4/11/2023), saat ini pembangunan Stasiun Monas sudah memasuki tahap pengerjaan pengecoran platform platform slab, pengecoran tangga akses; melempar entri level 1 dan 2; pekerjaan penggalian menara pendingin; dan pengujian sebagian terhadap sistem elektronik yang dipasang di stasiun penerima (RSS).

Baca Juga: Heru Budi Pastikan Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Mampu Tahan Gempa M 8

 

Selain itu, pekerjaan juga sedang dilakukan pada pemasangan sistem HVAC, saluran saluran, pipa ledeng, drainase dan sistem pemadam kebakaran; pemasangan stasiun dan dinding bangunan stasiun; mengecat dinding stasiun metro; pemasangan pintu baja, dinding lepasan dan atap permanen untuk akses infrastruktur utama.

Saat ini di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang dilakukan antara lain penggalian dan pengecoran lantai beranda peron (lobby pelat) dan lantai dasar (base pelat); pelemparan tiang di sisi utara stasiun; menempatkan tumpukan kertas untuk membangun pintu masuk 4; dan pemasangan sistem pentanahan (ground) di bawah pondasi pelat.

Pada saat yang sama, Mesin Bor Terowongan 1 (TBM-1) terus membangun sub terowongan dari Stasiun Monas sisi utara hingga Stasiun Harmoni dan berhasil membangun sepanjang 715 meter (477 link).

Sementara itu, Mesin Bor Terowongan 2 (TBM-2) telah menyelesaikan pembangunan terowongan utara dari sisi utara Stasiun Monas hingga Stasiun Harmoni.

Pekerjaan pemasangan terowongan jalan masih berlangsung, serta pemasangan alat pemadam kebakaran di sepanjang terowongan.

FYI, Stasiun MRT Thamrin rencananya akan menjadi stasiun terbesar di sepanjang jalur MRT karena ukurannya dua kali lipat dari stasiun eksisting.

Sedangkan Stasiun MRT Monas akan menjadi stasiun terbaik karena memiliki pintu masuk dan keluar langsung menuju kawasan Monas.

Stasiun Monas dan Thamrin merupakan bagian dari proyek MRT Jakarta Fase 2A yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI ke Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer.

Pembangunan ini bertujuan untuk menyediakan 7 stasiun bawah tanah yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota. Dengarkan berita utama dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *