KLATEN, sp-globalindo.co.id – Banyaknya praktik bengkel yang tidak jujur membuat seluruh konsumen kritis terhadap perbaikan yang ditawarkan bengkel tersebut.
Antara lain, dalam melakukan perawatan arus listrik mobil, konsumen berhak mengetahui kerusakan apa saja yang ditemukan pada bagian tersebut dan mengapa perlu dilakukan penggantian.
Dedi, mekanik Bengkel Mobil Sheqas AC Klaten, mengatakan konsumen berhak mendapatkan bukti adanya komponen yang cacat dan perlu diganti.
Baca Juga: Tanda-Tanda AC Mobil Bermasalah
“Kalau masalahnya kebocoran freon, harus dicari dulu sumber atau lokasi kebocorannya sebelum memutuskan komponen mana yang perlu diganti,” kata Dedi kepada sp-globalindo.co.id, Sabtu (23/12/2024).
Dedi mengatakan, konsumen bisa mengetahui sumber kebocoran dengan memberi tekanan pada rangkaian tertutup freon. Kemudian oleskan gelembung sabun ke area yang mungkin bocor.
“Jika ada kebocoran, pengukur pompa akan turun, tetapi jika tidak menahan tekanan tertentu setelah pompa dimatikan, Anda dapat membersihkan area yang memungkinkan untuk menentukan area kebocoran.” dari tetesan gelembung sabun,” kata Dedi.
Baca juga: Benarkah Mobil Jarang Dipakai AC Tidak Dingin?
Selain itu, menurut Dedi, metode penyempitan dapat digunakan untuk memperkecil luas area kebocoran yang akan diuji. Misalnya, fokuslah pada memberi tekanan pada alat penguap Anda sebelum Anda membongkarnya.
“Jika terjadi kemacetan dan area tersebut dapat rusak, maka akan dirobohkan, kemudian diuji kembali hingga terlihat kebocorannya, dan kemudian diganti jika terbukti,” kata Dedi.
Dedi mengatakan, penggantian komponen yang ceroboh bisa merugikan konsumen dan terkadang tidak menyelesaikan masalah. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.