sp-globalindo.co.id – KAI kembali menorehkan kesuksesan dengan meraih peringkat emas pada SNI Awards 2024 kategori perusahaan jasa besar yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis, 21 November 2024.
Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen KAI dalam menerapkan standar terbaik di industri transportasi.
Mengusung tema “Standardisasi Transformasi Ekonomi Berkelanjutan”, SNI Awards 2024 diikuti 251 organisasi dari berbagai sektor. Setelah melalui proses seleksi dan evaluasi yang ketat, hanya 69 institusi yang dinyatakan layak menerima penghargaan tersebut.
Pada tahun ini, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Perindustrian RI, Faisal Riza, yang turut mengapresiasi upaya BSN dalam mendukung kebangkitan industri dan pengembangan sektor-sektor prioritas.
Ketua Dewan Juri SNI Award 2024, Hariyadi B. Sukamdani menjelaskan, evaluasi fokus pada kontribusi organisasi terhadap standardisasi, aspek keberlanjutan, digitalisasi, ekonomi sirkular dan pengelolaan ESG (Environmental, Social, and Governance).
Berbicara dalam acara khusus, Direktur Utama KAI Didyek Hartanto mengatakan KAI meraih penghargaan tersebut karena KAI telah menerapkan manajemen organisasi yang baik dan terus melakukan transformasi diri untuk beradaptasi dengan perubahan.
Transformasi tersebut dilakukan antara lain melalui pengelolaan sistem manajemen ISO yang dikelola oleh unit penjaminan mutu dan tata kelola perusahaan yang baik serta komitmen penerapan tata kelola perusahaan serta menekankan aspek keberlanjutan pada pemeringkatan SNI Award 2024.
“Kami berkomitmen memberikan pelayanan transportasi yang tidak hanya aman dan nyaman, namun juga berkelanjutan. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa KPA secara konsisten menerapkan praktik terbaik dalam standardisasi dan keberlanjutan,” kata Didiek.
KAI yang termasuk dalam kategori perusahaan jasa besar menerima penghargaan tersebut karena dianggap memenuhi kriteria standarisasi dan penilaian yang konsisten serta kontribusi organisasi di bidang keberlanjutan, digitalisasi, ekonomi sirkular, dan ESG. (Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola) Manajemen.
“Dengan berbagai inovasi yang memperhatikan aspek kualitas dan keberlanjutan, KAI terus bertransformasi menjadi pionir transportasi masa depan di Indonesia,” kata Didek.
Sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan, KPA memperkenalkan berbagai inovasi yang mendukung pelestarian lingkungan dan meningkatkan efisiensi operasional. Langkah signifikannya adalah penyediaan stasiun air di 23 KA antarkota
Fasilitas ini dirancang untuk mendorong konsumen menggunakan gelas, mengurangi ketergantungan pada botol plastik sekali pakai yang sulit terurai.
KAI juga memanfaatkan energi terbarukan dengan melaksanakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di berbagai stasiun dan kantor. Inisiatif ini tidak hanya mengurangi emisi karbon, namun merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk menggunakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan.
Selain itu, KAI telah mengadopsi sistem pengenalan wajah untuk menggantikan tiket kertas fisik selama proses boarding. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan namun juga membantu mengurangi pemborosan kertas.
Baca selengkapnya: Berikan Pelayanan Publik Terbaik, KAI Raih Penghargaan Perusahaan Paling Terhormat di Indonesia 2024
“Kami ingin menciptakan ekosistem transportasi yang tidak hanya aman dan nyaman dalam pelayanan, tetapi juga mendukung kelestarian lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Visi kami adalah menjadikan KAI sebagai pilihan utama masyarakat dalam hal keselamatan dan keberlanjutan. ,” pungkas Didek. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.