JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Prototipe sepeda motor Kawasaki yang menggunakan bahan bakar hidrogen telah diuji di jalan raya. Basisnya adalah Kawasaki H2SX dengan tangki hidrogen besar di bagian belakang.
Dikutip dari Cycleworld, kendala pada sepeda motor hidrogen adalah tangkinya harus mampu menampung banyak hidrogen. Pasalnya, meski tidak mengeluarkan emisi, mesin yang menggunakan bahan bakar hidrogen tidak terlalu efisien, membutuhkan banyak hidrogen dibandingkan sel bahan bakar.
Masalah lainnya adalah hidrogen harus disimpan dalam tekanan tinggi, sehingga bentuk tangkinya harus tabung, tidak aneh seperti pada mesin bensin. Kini muncul gambar paten baru dari Kawasaki untuk sepeda motor hidrogennya, salah satunya skuter.
Baca juga: Bukan Toyota, Paus Fransiskus Pakai Ioniq 5 di Singapura
Pada gambar paten, posisi mesinnya masih sama dengan skutik biasa, yakni di bagian belakang. Sedangkan tangki diletakkan di depan bodi, dekat dengan kaki pengemudi.
Sedangkan model sport yang dipatenkan memiliki posisi tangki seperti motor sport pada umumnya. Namun bentuknya tabung, bertumpuk.
Baca juga: Mesin Hidrogen Kawasaki, Bisa Jadi Alternatif
Kesan yang dihasilkan mesin sportbike cukup berbeda. Model yang digunakan tidak vertikal, melainkan horizontal seperti moped karena memiliki tangki hidrogen di atasnya.
Memang gambar patennya masih sangat sederhana, belum jelas model mesinnya apa. Dari gambar tersebut saja terlihat Kawasaki serius memproduksi mesin ramah lingkungan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.