SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Global

SP NEWS GLOBAL KJRI Penang Kukuhkan 7 Kontrak Bisnis di Trade Expo Indonesia 2024

JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang memperkuat kerja sama business-to-business (B-to-B) antara Indonesia dan Malaysia dengan menandatangani tujuh perjanjian bisnis senilai US$2.420.160 atau sekitar Rp berhasil melakukannya 38 miliar. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pengusaha Indonesia dan Malaysia pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 yang digelar di BSD, Tangerang pada tahun 2024. 9 Oktober, di tengah.

Penandatanganan perjanjian tersebut melibatkan tujuh perusahaan Indonesia beserta tiga perusahaan impor besar dari wilayah kerja KJRI Penang. 

Baca Juga: Resepsi Diplomatik RI di Penang, KJRI Sajikan Bakso dan Bir Plateok

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah M. Chuharmall Sdn Bhd yang akan mengimpor produk tekstil dan turunannya dari PT Sri Rejeki Isman TBK, PT Gajah Panggang, dan PT Panggang Jaya Indah (PAJITEX). 

Sementara itu, Thong Guan Trading Sdn Bhd. PT akan membeli produk teh dari Fair Trade Commodities dan RS Agency Sdn Bhd. PT Gondovangi Traditional Cosmetica, PT Griff Prima Abadi dan PT Sekwan Cosmetic akan mengimpor produk kosmetik dan wewangian dari Vasantara.

Konjen RI Penang Wantan Saragih mengungkapkan rasa antusiasnya atas pencapaian tersebut. 

“Jumlah dan nilai kontrak bisnis yang diselesaikan dengan bantuan KJRI Penang meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. TEI 2023 hanya akan ada dua kontrak bisnis senilai $1.155.000,” jelasnya. 

Pertumbuhan tersebut, lanjut Wenton, terutama disebabkan oleh kualitas produk Indonesia yang terus dijaga sehingga semakin kompetitif dan permintaan semakin tinggi. 

“KJRI Penang akan terus berupaya meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi melalui berbagai kegiatan diplomasi ekonomi,” tambahnya.

Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan platform penting bagi organisasi bisnis Indonesia untuk memperkenalkan produknya ke pasar internasional. Pada TEI ke-39 ini, KJRI Penang berhasil menjaring 75 calon pembeli potensial dari wilayah Negeri Kedah dan Pulau Pinang, jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. 

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Luncurkan Layanan E-Paspor di KJRI Sydney, Pertama di Australia dan Pasifik

Pada acara tersebut, KJRI Penang juga memfasilitasi pencocokan calon pembeli dari wilayah operasinya dengan mitra usaha Indonesia.

Selain itu, KJRI Penang juga menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) antara Persatuan Pengusaha Maju Malaysia (PUMM) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara 

Baca Juga: KJRI Sydney Tuan Rumah Perayaan HUT RI ke-79 di Kensington Park

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan volume perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Malaysia, khususnya dari KJRI Penang.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *