SEOUL, sp-globalindo.co.id – Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG mengungkap perkembangan besar pada platform WebOS. Platform tersebut berusia sepuluh tahun sejak diakuisisi oleh LG pada tahun 2014.
WebOS kini menjadi salah satu bisnis inti perusahaan. Bisnis LG sendiri saat ini sedang mengalami transformasi dan tidak lagi hanya fokus pada produk peralatan rumah tangga saja.
Menurut Matthew Durgin, wakil presiden konten dan layanan LG Electronics, WebOS kini menjadi bagian penting dari portofolio perusahaan, dengan fokus pada transisi dari model tradisional ke streaming digital.
Durgan menjelaskan, pasar pemasaran televisi internet diperkirakan akan tumbuh dari 21 juta pada tahun 2021 menjadi 65 juta pada tahun 2027. Angka tersebut tumbuh sekitar 21 persen.
Seperti dilansir jurnalis sp-globalindo.co.id Yudha Pratomo dari Seoul, Korea Selatan: “Aktivitas platform ini berdampak pada transisi LG dari perangkat ke perangkat lunak dan peningkatan pengiriman konten.
Saat ini, WebOS Smart TV telah mencapai basis instalasi sebanyak 220 juta unit, meningkat pesat dari 10 juta unit pada tahun 2015 menjadi lebih dari 200 juta unit pada tahun 2023.
“Hal ini akan memposisikan bisnis WebOS untuk mendukung evolusi LG menjadi perusahaan media dan hiburan. Kami yakin akan ada lebih banyak peluang di masa depan,” kata Mathew.
Mathew mengungkapkan saat ini terdapat lebih dari 4.000 mitra konten global. LG bertujuan untuk memperluas ekosistem WebOS.
Mulai tahun 2021, LG sendiri telah membuka platform WebOS kepada produsen smart TV lainnya. Artinya, platform smart TV ini selanjutnya bisa digunakan di berbagai merek TV selain LG. LG mengatakan kini telah mendaftarkan sekitar 20 produsen TV sebagai mitra WebOS, termasuk RCA, Ayonz dan Konka.
Mathew mengatakan LG menargetkan pendapatan lebih dari US$800 juta atau Rp12 triliun dari bisnis WebOS tahun ini.
Untuk mencapai tujuan tersebut, LG fokus pada tiga pilar utama, yaitu pengembangan kapabilitas inti, diversifikasi model bisnis, dan peningkatan teknologi pemasaran.
Dalam konteks ini, Mathew menekankan pentingnya memperluas basis instalasi dan memperkuat kemitraan global dengan penyedia konten dan teknologi.
“Kami berencana untuk berinvestasi hampir $1 juta pada tahun 2027 untuk meningkatkan daya saing saluran LG,” jelasnya.
Dengan komitmen terhadap inovasi, LG Electronics berupaya menjadikan WebOS sebagai platform media dan hiburan terkemuka.
“Masih banyak ruang untuk pertumbuhan,” tutup Mathew. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.