DEPOK, sp-globalindo.co.id – Remap ECU merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa sepeda motor dari segi software. Urutan default dari pabrikan dapat diubah sesuai kebutuhan, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja dibandingkan pengoperasian normal
Namun seiring berjalannya waktu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih lokasi yang dapat mereset ECU Jangan tergiur dengan janji harga murah yang tidak meningkatkan performa
Tuner ECU Cotomoto.id Depo Angie Yohanda mengatakan, menurutnya itu bukan remap abal-abal, melainkan map atau setting yang digunakan tidak sesuai kebutuhan.
Baca juga: Reset ECU Motor Salah, Apakah Komponen Rusak Bisa Diperbaiki?
“Di ECU sepeda motor injeksi banyak pengaturannya mulai dari bahan bakar, pengapian, limiter. Kalau petanya berlebihan, kurang bagus,” kata Anggi kepada QuickCompass.com.
Ungi menjelaskan, dalam membuat peta baru tidak bisa sembarangan, ada perhitungan dan parameternya Sebaiknya diuji terlebih dahulu dengan memasukkan rasio udara terhadap bahan bakar (AFR) di ruang bakar.
Angie mengatakan jika AFR terlalu tinggi (terlalu kering, terlalu berangin) atau terlalu rendah (terlalu basah), sesuaikan saja dengan kebutuhan.
Baca Juga: Solusi Menghilangkan Getaran Berlebihan pada Sepeda Motor Matik
Jika rasionya benar, kinerja bisa meningkat Jika petanya tidak benar, bagian lain seperti kunci kontak bisa disesuaikan
“Kita ganti lampunya (di depan), tambah akselerasi tapi jangan berlebihan. Nanti bisa ledakan atau benturan,” kata Ungi.
Yang terbaik adalah melakukan tes dyno Sehingga Anda bisa mengetahui tenaga, torsi dan AFR sebelum dan sesudah menggunakan peta baru Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda Pilih saluran baru yang ingin Anda ikuti Saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.