JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Karet trim pada pintu mobil menjadi salah satu komponen yang kerap luput dari perhatian pemiliknya. Padahal, fungsi rubber finish penting dalam menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin.
Pertama, lapisan karet berperan meredam benturan saat menutup pintu mobil karena berfungsi sebagai bantalan. Selain itu, untuk meningkatkan ketegangan kabin terhadap kebisingan dari luar kabin.
Tak hanya itu, finishing pintu berbahan karet juga berfungsi mencegah masuknya air ke dalam kabin jika mobil melaju di cuaca hujan atau di genangan air yang relatif tinggi.
Baca juga: Simak Spesifikasi Maung yang Digunakan Jokowi-Prabowo Kendalikan Tentara di Mako Brimob
Sama seperti komponen mobil lainnya, trim karet memiliki umur yang terbatas. Artinya jika sudah terlalu tua dan tidak dirawat maka fungsinya akan sangat berkurang.
Mengganti door trim biasanya membutuhkan biaya jutaan, namun pemilik kendaraan yang ingin memperbaiki rubber trim pada pintu mobilnya bisa memilih metode injeksi yang lebih terjangkau.
Olih dari Darajat Karet berlokasi di Duren Sawit Jakarta Timur menangani perbaikan rubber trim pintu mobil dengan biaya mulai dari Rp 150.000.
“Harganya tergantung mobilnya. Untuk Toyota Alphard Reborn Rp 150.000 satu pintu, kalau Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander Rp 400.000 untuk semua pintu, kata Olih kepada sp-globalindo.co.id, Senin (14). /10/2024).
Baca juga: Dampak Buruk Kebiasaan Menghidupkan Bensin pada Sepeda Motor Matic Saat Berhenti
Untuk proses ini, bagian karet pada pintu mobil akan disuntik dengan selang karet. Sedangkan karet pintu aslinya tetap di tempatnya dan tidak ada yang sobek.
“Prosesnya paling lama satu jam,” kata Olya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.