JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Pintu karet pada pintu mobil merupakan salah satu komponen yang kurang diperhatikan pemiliknya. Padahal, fungsi rubber trim ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin.
Pertama, rubber trim berperan meredam benturan saat menutup pintu mobil, karena bersifat sebagai bantalan. Selain itu, meningkatkan kekuatan kabin terhadap kebisingan dari luar kabin.
Tak hanya itu, lapisan karet pada bagian pintu mampu menahan air masuk ke dalam kabin jika mobil melaju di cuaca basah atau melewati genangan air yang cukup tinggi.
Baca Juga: Lihat Spek Maung yang Digunakan Jokowi-Prabovo untuk Uji Kekuatan di Mako Brimob
Seperti suku cadang mobil lainnya, suku cadang karet memiliki umur yang terbatas. Artinya jika tidak disimpan bertahun-tahun maka fungsinya akan sangat berkurang.
Penggantian keset pintu biasanya menghabiskan biaya jutaan, namun pemilik mobil yang ingin memperbaiki keset karet pada pintu mobilnya bisa memilih metode injeksi dengan biaya lebih murah.
Olih dari Darajat Karet melayani perbaikan karet pintu mobil di Duren Savit Jakarta Timur mulai dari Rp 150.000.
“Harganya tergantung mobilnya. “Kalau Toyota Alphard Reborn Rp 150.000 satu pintu, kalau Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander Rp 400.000 semua pintu,” kata Olich kepada sp-globalindo.co.id, Senin (14/10/2024).
Baca Juga: Dampak Buruk Kebiasaan Mengonsumsi Bensin Saat Berhenti di Sepeda Motor Matic
Prosesnya, lapisan karet pada pintu mobil diinjeksikan melalui selang fleksibel. Sedangkan karet pintu asli tetap di tempatnya dan tidak ada yang rusak.
“Prosesnya memakan waktu setidaknya satu jam,” kata Olich. Dengarkan berita dan pilihan terbaru kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.