SOLO, sp-globalindo.co.id – Saat dihadapkan pada situasi berkendara yang menantang, seperti terjebak di tikungan, penting untuk memahami posisi tuas transmisi otomatis mobil yang benar.
Hal ini dikarenakan pengemudi sering kebingungan dan salah menempatkan tuas transmisi matic sehingga mengakibatkan kerusakan pada sistem transmisi.
Muhlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Servis mengatakan, saat terjadi kemacetan yang mengharuskan mobil matic berhenti di tikungan, sebaiknya posisi tuas persneling berada di N.
Baca juga: Ada Festival Lari di Jakarta, Simak Pemutaran Arus Transjakarta Besok
“Kalau berhenti karena macet, cukup letakkan tuas transmisi matic di N dan aktifkan rem tangan,” kata Muchlis kepada sp-globalindo.co.id, Jumat (11/10/2024).
Senada, Hardy Vibovo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, juga mengatakan, saat terjebak kemacetan di tanjakan, tuas persneling harus berada di posisi N.
“Jika mobil berhenti dalam waktu lama, berarti pengemudi perlu memindahkan tuas persneling ke netral untuk menghindari kerusakan komponen,” ujarnya.
Baca juga: Kembali ke F1, Toyota Gandeng Tim MoneyGram Haas Racing
Hardy melanjutkan, jika berpindah ke posisi D yang sama, lama kelamaan lapisan kopling depan akan aus, putaran mesin yang tinggi akan menyebabkan oli transmisi menjadi terlalu panas, dan performa menurun.
Hardy mengatakan, jika mobil tidak dilengkapi penahan rem otomatis, menahan pedal rem dalam waktu lama akan meningkatkan risiko mobil tergelincir sehingga lebih aman juga menggunakan rem tangan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.