sp-globalindo.co.id – Beberapa pengguna WhatsApp melaporkan adanya perubahan pada tampilan aplikasinya, terutama fungsi Status/SW WhatsApp.
Tampilannya yang tadinya berbentuk lingkaran kecil mirip Instagram Stories, kini berubah menjadi kotak-kotak besar yang lebih menonjol di layar. Hasilnya, pengguna bisa melihat snapshot atau tampilan awal konten SW masing-masing.
Berbeda dengan tampilan sebelumnya yang hanya menampilkan gambar profil saja. Pengguna perlu membuka yang pertama untuk melihat status WhatsApp.
Namun, masih ada beberapa pengguna yang belum mendapatkan tampilan baru Status WhatsApp.
Baca Juga: WhatsApp Siapkan Desain Baru, Berikut Bocoran Tampilan Tampilan Baru Status WhatsApp
Bentuk kotak memanjang horizontal dan ukurannya yang lebih besar menjadi perubahan paling mencolok pada status WhatsApp.
Desain baru ini memungkinkan konten visual seperti foto atau video ditampilkan dalam ukuran lebih besar, sehingga memberikan tampilan lebih jelas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tampilan kolom berisi preview atau cuplikan status WhatsApp.
Setiap kolom memiliki nama pengguna yang mengunggah video di bagian bawah dengan ukuran font yang mudah dibaca tanpa mengganggu konten utama.
Lingkaran hijau di sekitar gambar profil pengguna yang mengunggah video tersebut juga menandakan bahwa status tersebut tidak terlihat oleh pengguna, sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi tanpa membuka semua status.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan KompasTekno, perubahan tersebut terlihat pada WhatsApp versi 24.24.7 di perangkat iPhone 12 dan versi 2.24.23.4 di ponsel Android.
Namun fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna, sehingga menandakan WhatsApp meluncurkan fitur tersebut secara bertahap.
Pembaruan desain ini sepertinya bertujuan untuk membuat konten lebih mudah diakses sekaligus beradaptasi dengan tren tampilan visual di berbagai aplikasi media sosial.
Desain horizontal dengan bingkai lebih besar ini juga memungkinkan tampilan gambar dan video lebih optimal.
Hal ini berpotensi meningkatkan keterlibatan pengguna, terutama bagi mereka yang sering menggunakan Status untuk berbagi momen atau tujuan lainnya.
Bagi pengguna yang menggunakan Status sebagai media promosi, desain ini juga dapat memberikan peluang yang lebih baik, karena konten yang lebih menonjol dapat menarik perhatian audiens dengan lebih efektif.