Jakarta, Compass.com – Bagi banyak pengendara sepeda motor, penggunaan standar ganda atau sekunder seringkali merupakan kebiasaan tanpa banyak pertimbangan.
Baca Juga : Syarat dan Cara Ralat BPKB yang Ada Kesalahan Data atau Penulisan
Namun, keputusan ini tidak hanya terkait dengan kepentingan pribadi;
Jelas, pilihan antara kedua jenis standar ini dapat berdampak besar pada aktivitas motorik untuk waktu yang lama.
Baca Juga: Terjual 63 juta RP, Berikut adalah spesifikasi Yamaha MT-25 terbaru
Setiap standar sepeda motor ini memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, yang penting untuk dipahami dari masing -masing pengemudi.
Salah satu aspek yang harus dipertimbangkan adalah pengaruhnya terhadap ketahanan guncangan dan distribusi yang dilumasi di mesin.
Menurut Ali Fuqron, seorang teknisi di Suzuki Meril, menggunakan standar ganda yang dapat membawa manfaat yang jelas dari stabilitas motorik. “Standar ganda digunakan lebih baik jika mesin diparkir di tempat di mana permukaannya tidak sama atau untuk waktu yang lama, karena mesin akan berdiri lebih vertikal, sehingga beban distribusi lebih terdistribusi,” Ali menjelaskan kepada Komas.com pada hari Selasa (21/01/2025).
Posisi mesin adalah vertikal saat menggunakan standar ganda memiliki efek positif pada resistansi guncangan.
Beban bahkan lebih terdistribusi secara merata di kedua sisi roda, yang dapat mengurangi tegangan yang tidak seimbang dalam guncangan, jadi item ini lebih tahan lama.
Selain itu, pelumasan pada mesin dan bagian lain cenderung didistribusikan secara lebih merata oleh posisi mesin yang stabil, mencegah keausan tidak teratur pada bagian yang bergerak. Standar sekunder lebih realistis untuk beberapa situasi
Baca Juga : SP NEWS GLOBAL Pilihan Kaca Film Murah di GIIAS, Mulai Rp 1 Jutaan
Baca Juga: Jasa Marga telah memperluas distribusi SPLU di daerah tersebut untuk mengistirahatkan jalan tol
Di sisi lain, standar memberikan nyata yang lebih tinggi, terutama di parkir pendek. “Standar sekunder cocok untuk situasi seperti berhenti untuk waktu yang singkat di jalan atau parkir di tempat tanpa banyak ruang,” kata Ali.
Namun, penggunaan zat membutuhkan lebih banyak kehati -hatian.
Jika mesin diparkir di lokasi yang curam, ada risiko penggulungan sepeda motor yang bisa berbahaya bagi pengemudi. Pentingnya secara teratur untuk mengontrol kondisi sepeda motor standar
Ali juga menekankan pentingnya pengemudi untuk secara teratur mengendalikan kondisi standar sepeda motor mereka, dan samping. “Standar ganda seringkali lebih tahan lama karena jarang digunakan, tetapi tetap harus dikendalikan secara teratur untuk memastikan bahwa engselnya tidak longgar atau berkarat,” katanya.
Memahami kekuatan dan kelemahan masing -masing standar, pengendara sepeda motor dapat membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tempat parkir yang ada. “Keduanya sama pentingnya, persis seperti yang digunakan pengemudi dengan bijak,” pungkas Ali.
Dengan informasi ini, pengemudi diharapkan lebih bijaksana tentang pilihan antara standar ganda dan zat, serta mempertahankan aktivitas sepeda motor mereka dalam kondisi terbaik. Lihat berita baru dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih untuk mengunjungi saluran utama Anda ke sp-globalindo.co.id whatsapp: https://www.whatsapp.com/channel/0029vafpbedbpzjzrk13ho3d. Pastikan Anda menginstal program WhatsApp.