JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Telkomsel kini telah menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) atau yang disebut Hyper AI melalui operasional jaringan dan layanan pelanggan.
Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh proses deteksi dan penanganan permasalahan jaringan, respon keluhan pelanggan, serta pengalaman pengguna layanan Telkomsel berjalan efisien, lancar dan maksimal.
Hyper AI sendiri mulai diterapkan Telkomsel pada tahun lalu dan telah diterapkan di berbagai event besar di Indonesia.
Salah satunya adalah ajang Pekan Olahraga Nasional (POIN) XXI 2024 Aceh – Sumatera Utara (Sumut) pada 9-20 lalu. September.
Dalam hal ini, VP Global Network Operations Galumbang Pasaribu menyatakan Hyper AI mampu melakukan otomatisasi dan optimalisasi jaringan tanpa bantuan manusia dengan total 298 tugas per hari.
Baca juga: 6 Cara Cek Nomor HP Telkomsel Sendiri Jika Lupa, Mudah dan Cepat
Optimalisasi yang dilakukan AI dilakukan pada 139 titik keterisian (POI) PON XXI 2024 Aceh – Sumut yang meliputi venue olahraga, jalan raya di Aceh dan Sumut, wisma atlet, dan tempat-tempat lain yang berkaitan dengan ‘pelaksanaan PON.
“Pada PON XXI 2024 Aceh – Sumut, Hyper AI dapat mengurangi tugas optimasi jaringan yang sebelumnya dilakukan secara manual hingga 97 persen,” kata Galumbang pada acara pengenalan Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Kamis (26/9/2024). .
“Karena kami menggunakan kecerdasan buatan, penanganan permasalahan yang muncul pada ajang olahraga juga 9 kali lebih cepat, dan jumlah pengaduan terkait gangguan berkurang 4 persen dibandingkan ajang yang sama tahun-tahun sebelumnya,” tambah Galumbang. Hyper AI di acara dan momen lainnya
Selain PON XXI 2024 Aceh – Sumut, Hyper AI juga digunakan untuk optimalisasi kualitas jaringan pada upacara IKN pada 17 Agustus lalu.
Dalam hal ini, Hyper AI dapat mengelola 226 aktivitas optimalisasi jaringan setiap harinya dari total 33 POI yang tersebar di Wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dan sekitarnya.
Jadi Hyper AI juga membantu mengurangi tugas manual hingga 95 persen, meningkatkan manajemen masalah 5 kali lebih cepat, dan mengurangi jumlah total keluhan pelanggan hingga 25 persen.
Selain pada PON XXI 2024 Aceh – Sumut dan upacara IKN pada 17 Agustus, Hyper AI juga digunakan pada momen-momen penting seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, serta Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI). 2024.
Baca juga: Telkomsel Umumkan Hyper AI, Implementasi AI di Seluruh Aspek Bisnis
Hingga Natal 2023, jumlah total tugas dan optimalisasi yang dilakukan Hyper AI mencapai 3.224 tugas, dengan pengurangan penyelesaian manual hingga 60 persen, penyelesaian masalah 4,8 kali lebih cepat, dan pengurangan keluhan sebesar 28 persen.
Sedangkan pada RAFI 2024, tugas yang dilakukan Hyper AI mencapai 4.698 tugas, dengan pengurangan tugas manual secara keseluruhan sebesar 90 persen, peningkatan respons 6 kali lebih cepat, dan penurunan keluhan terkait masalah sebesar 22 persen.
Selain di atas, Hyper AI juga digunakan untuk acara-acara yang berpotensi menarik perhatian masyarakat, seperti pertandingan sepak bola hingga konser musik.
“Hyper AI hadir di berbagai acara dan momen penting untuk memberikan kualitas jaringan dan layanan pelanggan yang lebih baik dari sebelumnya,” jelas Galumbang.
“Dengan begitu, pengalaman menggunakan Telkomsel juga akan lebih dirasakan oleh pelanggan,” tutup Galumbang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.