JAKARTA, sp-globalindo.co.id – Telkomsel memperkenalkan teknologi kecerdasan buatan baru yang dikembangkan oleh perusahaan Hyper AI.
Teknologi ini telah dikembangkan sejak tahun 2023, namun pengguna ponsel melaporkannya untuk pertama kalinya hari ini.
Seperti namanya, Hyper AI merupakan salah satu perusahaan telepon seluler tanah air yang berupaya menggunakan dan menerapkan teknologi AI di seluruh aspek bisnis dan operasional, baik bagi konsumen maupun pelanggan bisnis.
“Hyper AI telah kami implementasikan dan terapkan di seluruh operasional Telkomsel, baik internal maupun eksternal,” kata Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna pada presentasi Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).
Baca juga: 6 Cara Cek Nomor HP Telkomsel Jika Lupa, Mudah dan Cepat
“Hyper AI akan membantu kami menyediakan jaringan yang lebih baik, sekaligus bekerja dan memenuhi kebutuhan pelanggan kami dengan lebih baik,” tambah Indra.
Ada dua kelompok utama yang penting untuk menggunakan Hyper AI, yaitu Network Autonomous untuk mengotomatisasi operasi jaringan dan Customer Interaction untuk mengotomatisasi layanan terkait pelanggan.
Pada Autonomous Network, Telkomsel menggunakan AI pada tiga bidang, yaitu Perencanaan Jaringan Berbasis AI (AI Network Planning/AINEP), Operasi Jaringan Berbasis AI (AI Network Assurance Platform/AINAP), dan Pengalaman Pelanggan Berbasis AI (AI Service ). operasi). Pusat / AISOC).
AINEP memungkinkan AI membuat rencana kapasitas dan lokasi jaringan yang lebih akurat tanpa harus mengunjungi lapangan. Hal ini berguna untuk merencanakan pengembangan stasiun (BTS) yang lebih baik.
Kemudian bagi AINAP, Hyper AI akan mampu mengelola operasional jaringan Telkomsel selama 24 jam tanpa batasan. Teknologi ini juga dapat mengidentifikasi gangguan dan permasalahan jaringan yang terjadi, serta mengelola dan memproses normalisasi jaringan dengan cepat.
Sementara itu, AISOC memungkinkan AI untuk memantau, menganalisis pemadaman listrik, dan meningkatkan jaringan secara berkala dan real-time. Hyper AI di AISOC juga dapat mempercepat respon serta memperbaiki permasalahan yang dihadapi pelanggan.
“Dengan AISOC, Hyper AI dapat meningkatkan respons terhadap permasalahan jaringan utama hingga 53 persen lebih cepat, sehingga mengurangi keluhan pelanggan terhadap jaringan hingga 32 persen,” jelas VP Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu dalam kesempatan yang sama. waktu
Baca juga: Bagaimana Cara Menghubungi Call Center Telkomsel?
“Penggunaan Hyper AI dalam operasional jaringan memungkinkan perencanaan yang akurat, efisiensi operasional, dan pemantauan pelanggan secara real-time untuk meningkatkan kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan,” tambah VP Network and Service Quality Management Telkomsel, Wahyudi Purnama bersama. . Hyper AI untuk meningkatkan layanan pelanggan
Selain Autonomous Network, Telkomsel juga menerapkan Hyper AI pada tiga aspek Interaksi Pelanggan, antara lain Hyper Personalized Engine Berbasis AI (MyTelkomsel), Customer Care Virtual Assistance Berbasis AI (chatbot Veronika untuk pengguna barang konsumsi (B2C) dan TED untuk barang konsumsi.
Hyper Personalized Engine Berbasis AI digunakan oleh aplikasi MyTelkomsel. Dalam aplikasi ini, AI akan menentukan konten atau layanan yang sesuai dengan pelanggan dan kebutuhannya.