sp-globalindo.co.id – TikTok dan Instagram rupanya bukan media sosial (medsos) favorit Generasi Z (lahir antara tahun 1997 hingga 2012). Menurut studi terbaru Pew Research Center, Remaja, Media Sosial dan Teknologi pada tahun 2024, YouTube merupakan media sosial favorit Gen Z.
Platform berbagi video ini mengungguli TikTok, Instagram, Facebook, Threads, dan X/Twitter dalam hal popularitas.
Pada tahun 2024 18 September – 10 Oktober Dalam survei yang dilakukan Pew Research, mereka mensurvei 1.391 anak Generasi Z berusia antara 13 hingga 17 tahun di Amerika Serikat (AS).
Survei tersebut menanyakan kepada seluruh responden seberapa sering mereka mengunjungi atau mengunjungi situs/aplikasi YouTube, TikTok, Instagram, Snapchat, dan Facebook.
Hasilnya, 73 persen responden menyatakan paling senang membuka YouTube setiap hari.
Baca Juga: 10 Aplikasi Generasi Z Paling Banyak Diunduh di AS, Haram Nomor Satu di Indonesia
Lebih spesifiknya, 15 persen dari 73 persen tersebut mengaku sering mengakses YouTube setiap hari. Setelah itu, 39 orang membuka YouTube berkali-kali dalam sehari dan 18 persen mengaku hanya membuka YouTube satu kali dalam sehari.
Berdasarkan hasil ini, YouTube adalah platform media sosial yang paling banyak digunakan dan dikunjungi oleh kelompok usia 13-17 tahun di AS.
Setelah YouTube, remaja AS (13-17) suka mengakses aplikasi berbagi video TikTok milik ByteDance. Jumlah responden sebanyak 57 persen. Dari persentase tersebut, 34 persen mengaku membuka TikTok setiap hari.
Hasil survei Pew Research juga menunjukkan bahwa separuh remaja yang disurvei menggunakan Instagram atau Snapchat setiap hari. Di sisi lain, dari lima jejaring sosial yang disurvei, Facebook merupakan jejaring sosial yang paling sedikit dibuka oleh Gen Z berusia 13-17 tahun di AS.
Jika kita melihat lebih dalam, pada tahun 2024 Persentase remaja yang mengunjungi halaman Facebook telah menurun selama dekade terakhir dari 71 persen pada tahun 2014-2015. menjadi hampir 32 persen pada tahun 2024.
Baca Juga: 100 Trending Gen Z Slangs Dengan Segala Arti Dan Contoh Penggunaan TikTok Menjadi Favorit Remaja Perempuan
Setiap platform media sosial juga menarik audiens yang unik jika dilihat berdasarkan gender.
Menurut studi Pew Research yang sama, sebagian besar remaja perempuan lebih suka membuka TikTok dan Instagram, sedangkan remaja laki-laki lebih suka menggunakan YouTube.
Dalam hal mengakses media sosial favorit mereka, pengguna Gen Z di AS menggunakan ponsel pintar (95 persen), diikuti oleh perangkat desktop/laptop (88 persen), konsol game (83 persen), atau tablet (70 persen). Simak beritanya langsung di ponsel Anda yang dikumpulkan KompasTekno dari rumah Anda, Kamis (19/12/2024) di laman resmi Pew Research Center. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.