SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Tekno

YouTube Shorts Durasi 3 Menit Sudah Bisa di Indonesia

sp-globalindo.co.id – Pemilihan video YouTube Shorts terpanjang hingga tiga menit telah diumumkan kepada semua orang. Hal itu terungkap melalui akun X dan tim @YouTubeLiaison.

“Kreator! Kita telah memasuki Fase 4! Sekarang Anda dapat menggunakan alat klip pendek untuk membuat video pendek berdurasi hingga 3 menit!” @YouTubeLiaison men-tweet.

Acara Shorts yang sudah berjalan lama ini pertama kali diumumkan pada Oktober 2024. Dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan bagi seluruh pengguna untuk menikmati fitur ini. , Pencipta! Kita memasuki Fase 4! Sekarang Anda dapat menggunakan alat klip pendek untuk membuat klip berdurasi 3 menit!

, Buka Kamera Shorts dari aplikasi utama YouTube

, Ketuk waktu di pojok kanan atas untuk mengubah ke 3m, dan

, Lanjutkan semuanya! https://t.co/1LoxRWxpIH — Penghubung YouTube (@YouTubeLiaison) 9 Januari 2025

Pada Jumat (10/1/2025) muncul opsi 3 menit di aplikasi YouTube monitoring KompasTechno versi 19.50.40 Android.

Baca juga: Video di YouTube Shorts kini bisa berdurasi hingga 3 menit, seperti TikTok

Pengguna di Indonesia dapat mengakses opsi 3 menit dengan membuka aplikasi YouTube > Klik tanda “+” > Pada tab “Shorts”, klik durasi 15 detik di pojok kanan atas. Nanti periode ini akan berubah menjadi 3 menit.

Pengguna bisa merekam video langsung dari aplikasi YouTube atau memilih beberapa file di ponsel dengan durasi maksimal tiga menit.

Jadi, video berdurasi hingga tiga menit akan ditampilkan di halaman saluran, serta tercantum di bagian Shorts di YouTube Studio. Faktanya, meskipun pengguna tidak berniat membuat video pendek, video Anda akan tetap termasuk dalam kategori tersebut.

Menariknya, video reguler berdurasi hingga 3 menit juga memenuhi syarat untuk direkomendasikan di feed Shorts, sehingga memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan penayangan.

Tindakan yang diambil YouTube untuk mendorong penggunaan video pendek yang semakin populer. Video pendek tersebut kini dilaporkan ditonton 70 miliar kali setiap hari, menjadikannya salah satu video berperingkat teratas di Google.

Dengan mempersingkat video berdurasi hingga 3 menit, pembuat konten memiliki lebih banyak peluang untuk menampilkan konten mereka. 3 kali lebih lama, dengan TikTok

Periode tiga menit baru telah diperpanjang tiga kali. Sebab, dulu durasi shortnya hanya 60 detik atau 1 menit.

Panjangnya YouTube Shorts meningkatkan persaingan platform video pendek ini dengan TikTok.

Jejaring sosial milik ByteDance asal China ini memungkinkan penggunanya mengunggah konten berdurasi sekitar tiga menit atau hingga 10 menit jika direkam langsung dari aplikasi TikTok.

Baca juga: Buat Video YouTube Shorts yang Lebih Bermanfaat, Inovasi Lain di YouTube Shorts

Selain menambahkan dukungan untuk konten panjang, YouTube juga mengumumkan pembaruan lainnya untuk konten pendek. Salah satunya dengan memperbarui tampilan pemutar Shorts menjadi lebih kecil, sehingga penonton bisa lebih fokus pada konten atau kreatornya.

Fitur Shorts kini menampilkan ikon tebal di kanan bawah video. Setelah itu, foto hanya akan ditampilkan sebagai bingkai.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *