SEOUL, sp-globalindo.co.id – Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG Electronics mengumumkan perubahan strategi bisnisnya beberapa bulan lalu.
LG, awalnya dikenal sebagai produsen peralatan rumah tangga, bertujuan untuk menjadi perusahaan yang menyediakan solusi gaya hidup yang lebih baik, dengan kata lain menjadi “perusahaan solusi kehidupan cerdas.”
LG mengadakan “LG Global Media Tour” untuk memamerkan ide bisnisnya dan mengundang banyak media dari Asia, Amerika, dan Eropa. sp-globalindo.co.id menjadi salah satu media yang melangsungkan acara yang berlangsung pada 23-27 September tersebut.
Menurut Lee Lee, kepala komunikasi korporat global di LG Electronics, LG akan mengumumkan sejumlah produk baru di acara ini yang diklaimnya “di luar peralatan rumah tangga.”
Baca juga: LG mengungkap TV transparan yang bisa hilang
“LG Electronics memiliki misi untuk bertransformasi dari pemimpin pasar peralatan rumah tangga dan elektronik menjadi perusahaan yang menyediakan solusi cerdas,” kata Lee, Senin (23 September 2024) dari kantor pusat LG Twin Towers di Seoul, Korea Selatan (Jepang ). ).
“Kami telah menjadi pemimpin industri selama hampir 70 tahun dan kini bergerak ke arah baru dengan solusi B2B dan pabrik cerdas seperti HVAC (pemanas, AC, dan pendingin),” tambah Lea.
Sementara itu, Sicilius Dwi Tandiyo, Brand & CX MKT Director PT LG Electronics Indonesia, mengatakan sekitar 30 jurnalis diundang dalam acara tersebut. Menurut Sicilius, acara ini akan menunjukkan visi LG Electronics untuk beberapa tahun ke depan.
Perubahan strategis ini diumumkan oleh CEO LG Electronics William Cho pada bulan Maret.
Strategi ini telah mengubah LG dari produsen elektronik konsumen dengan bisnis B2C menjadi perusahaan yang mengembangkan produk dengan pendekatan B2B dan berbasis platform.
Strategi yang diterapkan LG memiliki tiga elemen utama: bisnis B2B, platform bisnis, dan intelijen.
Bisnis B2B mencakup produk pengisian daya kendaraan listrik dan peralatan pemanas atau HVAC.
Baca juga: LG Luncurkan Laptop Tipis dan Ringan Gram SuperSlim 2024
Berikutnya, aspek bisnis berbasis platform mencakup pengembangan sistem operasi WebOS yang awalnya hanya tersedia di smart TV LG, namun juga akan diperluas ke mobil pintar.
Di sisi lain, jika berbicara tentang kecerdasan buatan, berarti LG tidak hanya fokus pada evolusi teknologi AI saja, namun AI juga merupakan teknologi yang mampu mendukung apa yang dibutuhkan pengguna.
LG menyebut AI Love Intelligence dan berharap penggunaan teknologi ini dapat membawa manfaat nyata bagi kehidupan penggunanya.
Namun LG belum memberikan gambaran detail bagaimana strategi bisnis tersebut akan diterapkan ke depannya. Hal ini diperkirakan akan diumumkan pada LG Global Media Tour 2024 yang akan digelar beberapa hari ke depan. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp sp-globalindo.co.id (https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D). Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.