SP NEWS GLOBAL INDONESIA

Berita Seputar Global Indonesia

Lifestyle

Mirip TikTok Shop, YouTube Shopping Juga Bisa buat Jualan dan Belanja

sp-globalindo.co.id -Youtube merilis rencana pemasaran YouTube komprehensif di Indonesia pada Rabu (18/9/2024) sore. Sistem ini memungkinkan kreator menampilkan produk dari pasar, untuk dilihat atau dibeli oleh pemirsa.

YouTube bekerja sama dengan perusahaan lain seperti pasar untuk mendukung program belanja YouTube. Di Indonesia, YouTube bekerja sama dengan Shopee sebagai mitra pertama dan akan memperluas ke perusahaan lain.

Berkat kerja sama ini, para kreator bisa menampilkan produk-produk dari Shopee dalam video-video yang dipublikasikan di channel YouTube mereka. Baik adaptasi video, video pendek atau live streaming, program siaran.

Singkatnya, kreator bisa menjual dan penonton bisa membeli langsung dari kreator.

Tindakan tersebut serupa ketika pengguna melihat kotak kuning pada video di aplikasi TikTok, baik konten video maupun live streaming. Namun di TikTok Store, transaksi dilakukan ke Tokopedia.

Baca juga: YouTube Shopping Tersedia di Indonesia, Kreator Bisa Tampilkan Belanjanya

Sedikit berbeda dengan TikTok yang menggunakan ikon keranjang berwarna kuning, tampilan produk yang disarankan pembuatnya di YouTube langsung menampilkan gambar produk terkait dalam bingkai hitam.

Ketika frame diklik, maka akan dibawa langsung ke halaman produk. Dengan cara ini, pengguna dapat melihat detail produk, termasuk harga, deskripsi, variasi, dll, serta proses transaksinya. Oleh karena itu, transaksi pembelian ditangani di luar YouTube.

Dalam salah satu frame terdapat tanda panah yang bila diklik akan menampilkan daftar produk yang ditempel. Contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Cara membeli produk di YouTube Shopping

Dalam pantauan KompasTekno, banyak kreator yang mencoba membeli YouTube di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah konten kreator ternama di DIY, Ijfina Amalia dan gadget updater, GadgetApa.

Keduanya menampilkan produk tersendiri, seperti riasan dan ponsel yang dapat dilihat atau dibeli oleh penonton.

Nah, jika Anda menemukan konten seperti ini di YouTube dan tertarik untuk membelinya, simak link di bawah ini. Klik ikon produk atau klik tanda panah untuk melihat daftar produk. Pilih dan klik produk yang diinginkan. Tunggu hingga Anda diarahkan ke marketplace yaitu Shopee. Tambahkan produk yang diinginkan ke keranjang. Lanjutkan proses transaksi termasuk opsi pengiriman dan opsi pembayaran hingga selesai.

Kreator akan menerima komisi

Jika pendengar melakukan pembelian iklan pada video YouTube, kreator terkait akan menerima komisi.

Pada tahap pertama, besaran komisi yang diterima kreator adalah 100 persen tanpa potongan. Namun, YouTube tidak mengungkapkan komisi sebenarnya dari para pembuat konten tersebut.

Travis Katz, General Manager dan Vice President of Marketing YouTube yang turut serta dalam konferensi pers menjelaskan, program kemitraan ini menambah daftar program pendapatan yang bisa dimanfaatkan para kreator YouTube.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *